VISI DAN MISI

Category: Bag Umum Published on 30 September 2015
Written by Super User Hits: 697

1.       Visi.

Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat hidup, antisipasif dan inovatif dalam menghadapi perubahan lingkungan global, atau merupakan suatu gambaran keadaan masa depan yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi pada suatu waktu tertentu.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomor 21 Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pamekasan 2013 – 2018, Visi Pembangunan Kabupaten Pamekasan adalah “ Terwujudnya Pamekasan yang Bersih, Sehat, Cerdas, dan Sejahtera, Berlandaskan Iman dan Taqwa Didukung Aparat yang Profesional“. Sedangkan Visi pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan adalah “Menjadi Penggerak Penyelenggaraan Kepemerintahan Yang Baik “.

Seiring dengan Visi Pembangunan Kabupaten Pamekasan serta Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan di atas dan hasil penyusunan Visi bersama yang melibatkan semua Pegawai Negeri Sipil di Bagian Umum dan pihak-pihak terkait, maka Bagian Umum telah merumuskan Visi sebagai berikut : “ Motivator Terwujudnya Tertib Admnistrasi dan Pelayanan Aparatur “.

Penjelasan Visi :

a.    Motivator               :    Bagian Umum sebagai perangkat dari Sekretaris Daerah akan bertindak sebagai motivator aparatur yang akan mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang tertib administrasi ;

b.    Tertib Administrasi  :    Adalah keadaan dimana system administrasi kedinasan berjalan sesuai peraturan yang telah ditetapkan dengan dillandasi kesadaran dan profesionalime bagai aparatur pelaksananya.

c.    Pelayanan Aparatur :    Pelayanan yang diberikan kepada aparatur berkaitan dengan tugas-tugas Bagian Umum.

Tujuan penetapan Visi Bagian Umum Sekretariat daerah Kabupaten Pamekasan tersebut adalah :

a.     Mencerminkan apa yang ingin dicapai oleh Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan ;

b.    Memberi arah dan fokus strategi yang jelas bagi upaya peningkatan fungsi Bagian Umum dalam tugas-tugas pelayanan aparatur .

c.     Sebagai pijakan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban Bagian Umum.

 

2.       Misi.

Untuk mewujudkan Visi pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan  telah ditetapkan Misi sebagai berikut :

a.    Membantu Kepala daerah dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata lakasana, serta memberikan pelayanan admnistrasi kepada seluruh perangkat daerah;

b.    Mewujudkan pengkoordinasian perumusan kebijakan Pemerintah Daerah;

c.     Penyelenggaraan administrasi pemerintahan ;

d.    Mewujudkan pengelolaan sumber daya aparatur, keuangan serta prasarana dan sarana Pemerintah Kabupaten ;

Seiring dengan Misi Pembangunan Sekretariat daerah Kabupaten Pamekasan di atas, khususnya untuk mendukung tercapainya misi nomor 1, 3 dan 4, maka Misi Bagian Umum dirumuskan sebagai berikut :

a.    Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang tertib administrasi

b.    Mewujudkan pelayanan pemerintahan bagi unit kerja dan aparatur

c.    Mewujudkan pelayanan rumah tangga Bupati dan Wakil Bupati

d.    Meningkatkan tertib pengelolaan administrasi keuangan sekretariat daerah

 

e.    Meningkatkan kualitas aparatur.