Tugas Pokok dan Fungsi

Category: Bag Umum Published on 30 September 2015
Written by Super User Hits: 2944

1.       Tugas Pokok dan Fungsi Bagian Umum.

Berdasarkan Peraturan Bupati Pamekasan Nomor 32 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah dan Staf Ahli, Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan umum dan tata usaha pimpinan, keuangan dan kepegawaian serta urusan rumah tangga dan, perlengkapan.

Dalam menyelenggarakan tugas – tugas tersebut, Bagian Umum mempunyai fungsi :

a.    Pelaksanaan urusan umum dan tata usaha pimpinan dan kepegawaian ;

b.    Pelaksanaan penyusunan urusan keuangan;

c.     Pelaksanaan penyusunan urusan dinas dalam dan perlengkapan;

d.    Pengurusan dan penyelesaian administrasi perjalanan dinas ;

e.    Pelaksanaan pemeliharaan gedung kantor dan rumah dinas serta kebersihan halaman kantor Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;

f.     Pelaksanaan pemeliharaan gedung dan kebersihan halaman kantor dilingkungan Sekretariat Daerah;

g.    Pemeliharaan pendopo Bupati dan Wakil Bupati;

h.    Pelaksanaan pemeliharaan kendaraan dinas Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan lingkungan Sekretariat; dan

i.      Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Asisten Administrasi Umum sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Adapun untuk tugas masing-masing sub bagian adalah sebagai berikut :

A.   Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian, mempunyai tugas sebagai berikut :

1.    Menyelenggarakan penata usahaan naskah dinas;

2.    melakukan penataan dan mengarahkan, menyediakan dan mendistribusikan naskah dinas serta kearsipan;

3.    Menyelenggarakan kegiatan administrasi perjalanan dinas;

4.    Menyediakan perlengkapan alat tulis kantor dan peralatan kantor;

5.    Menyiapakan data dan mengolah admisistrasi kepegawaian;

6.    Memproses kedudukan hukum pegawai, upaya peningkatan kesejahteraan pegawai dan karier pegawai; dan

7.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan bidang tugasnya.

B.    Sub Bagian Urusan Dinas Dalam dan Perlengkapan, mempunyai tugas sebagai berikut :

1.    Melaksanakan pemeliharaan fisik pendopo, Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati ;

2.    Melaksanakan pengaturan dan memelihara kebersihan halaman pendopo dan rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati;

3.    Melaksanaan pemeliharaan gedung kantor dan kebersihan halaman kantor dan ruang kantor bupati, wakil bupati dan Sekretaris Daerah serta instansi terkait;

4.    Mengurus pemeliharaan kendaraan dinas Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;

5.    Mengatur keperluan rumah tangga Bupati dan Wakil Bupati;

6.    Menyiapkan kebutuhan, perbekalan, perlengkapan dan material lainnya serta menyediakan keperluan tamu, pertemuan / rapat Bupati dan Wakil Bupati; dan

7.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan bidang tugasnya.

C.   Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas sebagai berikut :

1.    Meyiapkan data dan mengolah administrasi keuangan;

2.    Melakukan penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan;

3.    Menghimpun data dan dan menyusun rencana anggaran, pengelolaan tata usaha keuangan Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;

4.    Menghimpun data dan menyusun rencana anggaran rutin serta melaksanaan pengelolaan keuangan dilingkungan sekretariat; dan

 

5.    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan bidang tugasnya