Registration

VISI DAN MISI

Category: Bag Adm Perekonomian dan SDA Published on 01 October 2015
Written by Super User Hits: 1984

1.   Visi

Visi merupakan suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang didinginkan oleh instansi Pemerintah. Visi juga berkaitan dengan kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Pada hakekatnya membentuk visi organisasi adalah menggali gambaran bersama mengenai masa depan, berupa komitmen murni tanpa adanya rasa terpaksa. Visi harus menjadi milik bersama dan diyakini oleh seluruh anggota organisasi. Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategis merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan internal dan eksternal.

Visi yang tepat bagi masa depan suatu organisasi instansi pemerintah akan mampu menjadi akselerator kegiatan instansi tersebut, termasuk perancangan rencana strategis secara keseluruhan, pengenaan sumber daya, pengembangan indikator kinerja, cara pengukuran kinerja, evaluasi pengukuran kinerja yang akan diintegrasikan menjadi sinergi yang diperlukan oleh instansi tersebut. Penetapan visi merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan Pemerintah Kabupaten Pamekasan terutama untuk mencapai kehidupan Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan selanjutnya. Visi Kabupaten Pamekasan yaitu ” TERWUJUDNYA PAMEKASAN YANG AGAMIS, TENTERAM, MAJU, MANDIRI DAN BERKEADILAN MENUJU RIDHA ALLAH SWT ” Sementara itu, visi pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan adalah  ” TERWUJUDNYA MASYARAKAT KABUPATEN PAMEKASAN YANG BERIMAN DAN BERTAQWA SERTA BERKUALITAS YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA”.

Kehidupan Pemerintah Kabupaten Pamekasan sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan eksternal maupun internal daerah, sehingga pemerintah kabupaten harus mampu menyesuaikan dengan keadaan lingkungan tersebut.

Visi Kabupaten Pamekasan dalam ” TERWUJUDNYA PAMEKASAN YANG AGAMIS, TENTERAM, MAJU, MANDIRI DAN BERKEADILAN MENUJU RIDHA ALLAH SWT ”, merupakan suatu pedoman dan pendorong bagi Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam rangka mencapai tujuannya dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah. Dalam usaha mewujudkan pelaksanaan visi Kabupaten Pamekasan diperlukan dukungan dan partisipasi oleh seluruh stakeholders pembangunan.

Seiring dengan Visi Pembangunan Kabupaten Pamekasan serta Visi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan diats dan hasil penyusunan Visi bersama yang melibatkan semua Pegawai Negeri Sipil di Bagian Administrasi Perekonomian dan pihak-pihak terkait, dan sejalan dengan Visi Pemerintah Kabupaten Pamekasan serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, maka Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan mempunyai Visi :

MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEJAHTERA DAN MANDIRI DI SEKTOR PRODUK UNGGULAN DALAM PENINGKATAN EKONOMI KERAKYATAN.

Tujuan penetapan visi Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan tersebut adalah :

1.    Mencerminkan apa yang ingin dicapai oleh Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan;

2.    Memberi arah dan fokus strategi yang jelas bagi upaya peningkatan fungsi Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan;

3.    Sebagai cermin semangat dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan.

 2.   Misi

Sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan.

Untuk melaksanakan visi Bagian Administrasi Perekonomian maka telah ditetapkan Misi sebagai berikut :

1.    Meningkatkan produktivitas di sektor perekonomian melalui pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemanfaatan potensi unggulan daerah;

2.    Mewujudkan potensi unggulan daerah dibidang industri pariwisata;

3.    Meningkatkan penghasilan masyarakat melalui pemasaran produk-produk unggulan daerah; 

4.    Meningkatkan produktivitas di sektor perekonomian melalui pengembangan dibidang penanaman modal dan investasi;